Universitas Kristen Maranatha, (MARANATHA)

Maranatha Christian University adalah sebuah perguruan tinggi swasta yang terdapat di Bandung, Jawa Barat

Latar belakang sejarah

Berdirinya Universitas Kristen Maranatha tidak terlepas dari hasil perjuangan para mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Indonesia (UKI) Immanuel yang berjumlah 130 orang, yang telah menyatakan melepaskan diri dari UKI Immanuel pada tanggal 4 Juli 1964 bertempat di Lyceum Jln. Ir. H Juanda Bandung. Tindakan tersebut dilakukan karena mereka sangat resah, sebab penyelesaian persoalan intern di UKI Immanuel sudah buntu, dan para tokoh-tokoh Kristen Jawa Barat tidak melihat kemungkinan untuk terlibat memecahkan masalah. Para mahasiswa tersebut menyerahkan hari depan pendidikan mereka kepada intelegensi Kristen dan Gereja-gereja di bawah naungan Dewan Gereja-Gereja di Indonesia (DGI).

Berbagai upaya telah di lakukan oleh para mahasiswa,seperti menghadap dan melapor kepada Menteri PTIP (Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan) dan Dr. J. Leimena, Wakil Perdana Menteri II saat itu. Selain itu, Badan Pendidikan Kristen (BPK) - Jabar juga telah berupaya mencari jalan keluar penampung bagi mahasiswa-mahasiswa, dengan menghubungi UKI Jakarta dan Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga, namun usaha ini tidak berhasil.

Memperhatikan keresahan dan perjuangan para mahasiswa yang sangat gigih, maka Pdt. Gouw Gwan Jang dari GKI dan Pdt. Jakin Elya dari GKP, mendesak para intelegensia Kristen untuk mendirikan suatu lembaga pendidikan tinggi Kristen baru di Bandung. Namun, Persatuan Intelegensia Kristen Indonesia (PIKI) cabang baru di Bandung, yang baru didirikan pada tanggal 19 April 1964. Pada prinsipnya PIKI tidak membantu mahasiswa karena hal tersebut merupakan "urusan dalam" UKI Immanuel.

Pada tanggal 29 Desember 1984 pukul 20.00, bertempat di Lycuem Bandung, diadakan pertemuan para tokoh tokoh gereja dan masyarakat Kristen, dalam rangka memeceahkan kesulitan yang di hadapi oleh mahasiswa Fakultas Kedokteran yang melepaskan diri dari UKI Immanuel.
Pertemuan tersebut dihadiri oleh perwakilan dari Gereja-gereja Kristen, Sinode GKI dan Sinode GKP, DGI, PIKI, Yayasan Pendidikan Kristen, Majelis Daerah Pendidikan Kristen (MDKP), para pendeta, dermawan dan cendekiawan serta orangtua mahasiswa dan para mahasiswa itu sendiri. Pada pertemuan itu muncul kesepakatan untuk mendirikan sebuah perguruan tinggi Kristen yang baru di Bandung, yang didukung oleh Gereja Kristen Indonesia (GKI) dan Gereja Kristen Pasundan (GKP).
Pada 14 Juni 1965, dibuat akte pendirian Yayasan Perguruan Tinggi Kristen Maranatha oleh notaris Lie Kwee Nio di Bandung. Ketua Yayasan PTK Maranatha dijabat oleh dr. J.E. Siregar dari GKP.
Pada 11 September 1965 pukul 17.00 bertempat di GKI-Jabar Jl. Kebon Jati 40 (sekarang no. 100) Bandung, diresmikan berdirinya Universitas Kristen Marantha dengan hanya satu fakultas yaitu Fakultas Kedokteran, kemudian menyusul Fakultas Teknik dengan jurusan Teknik Sipil dan Fakultas Psikologi serta Fakultas sastra Jurusan Sastra Inggris pada tahun-tahun berikutnya.

Seputar Maranatha

Sejak berdirinya pada tahun 1965, Universitas Kristen Maranatha telah menghasilkan banyak sarjana.
Maranatha Christian University terletak di Jalan Prof.Drg.Suria Sumantri, MPH No.65 Bandung, tidak jauh dari pusat kota Bandung, dengan luas tanah kurang lebih 50.000 m2. Di Maranatha Christian University sekarang telah berdiri pula gedung "Graha Widya Maranatha" yang berlantai 15 (termasuk 3 lantai basemen untuk parkir)
Sampai dengan tahun 2010 telah terdapat 8 fakultas, yaitu:
  1. Fakultas Kedokteran
    1. Kedokteran (S1)
    2. Profesi Kedokteran(S1)
    3. Kedokteran Gigi (S1)
  2. Fakultas Teknik
    1. Teknik Sipil (S1)
    2. Teknik Elektro (S1)
    3. Teknik Industri (S1)
    4. Sistem Komputer (S1)
    5. Teknik Sipil dan Sistem Informasi (S1)
  3. Fakultas Psikologi
    1. Psikologi (S1)
  4. Fakultas Sastra
    1. Bahasa Inggris (D3)
    2. Bahasa China (D3)
    3. Sastra Inggris (S1)
    4. Sastra Jepang (S1)
    5. Sastra China (S1)
  5. Fakultas Ekonomi
    1. Akuntansi (S1)
    2. Manajemen (S1)
    3. Program Profesi Akuntansi
  6. Fakultas Seni Rupa dan Desain
    1. Seni Rupa dan Desain (D3)
    2. Seni Rupa Murni (S1)
    3. Desain Interior (S1)
    4. Komunikasi Visual - Grafis (S1)
  7. Fakultas Teknologi Informasi [1]
    1. Teknologi Informatika (D3)
    2. Teknik Informasi (S1)
    3. Sistem Informasi (S1)
  8. Fakultas Hukum
    1. Hukum Bisnis (S1)
serta Program studi magister dengan Program Magister Manajemen (S2), Magister Psikologi (S2), Master of Business Administration (S2).

Kegiatan non-akademis

Maranatha Christian University juga peduli akan seni, salah satunya adalah seni musik. Para mahasiswa memiliki kebebasan untuk berekspresi melalui musik. grup musik yang berasal dari kampus ini misalnya The Nakal, Jekuk, dan beberapa grup musik yang bertalenta bagus. Maranatha Christian University juga telah melahirkan banyak sekali artis Indonesia, misalnya Rafael Landry Tanubrata (personel boyband SM*SH) dan Sylvia Fully Rahesita (Miss Celebrity 2010)

Program Kelas Karyawan di Jakarta ada di Universitas Mercu Buana kk.mercubuana.ac.id dan untuk Bandung ada di Universitas Widyatama kk.widyatama.ac.id serta di Surabaya di Universitas Narotama kk.narotama.ac.id